Halaman

Fungsi Seni Rupa

Tanpa kita sadari, dalam kehidupan sehari-hari berbagai bentuk karya seni rupa telah kita manfaatkan. Tas maupun sepatu yang kita pakai ke sekolah tentunya memiliki bentuk/model yang tentunya sesuai dengan selera.

Berdasarkan tujuan perwujudan karya rupa, fungsi seni rupa dikategorikan atas :
Karya seni rupa ada yang memang dibuat si senimannya untuk dinikmati saja ada juga yang difungsikan sebagai pemanis pada benda-benda fungsional


( A ) Seri Rupa Murni (Fine Art)
Seri Rupa Murni, yakni karya seni rupa yang dibuat hanya untuk kepentingan estetis saja
lebih mementingkan kejujuran
faktor individu / karakter perseorangan lebih diutamakan
bebas bereksperimen atas media yang digunakan
berusaha menciptakan suatu hal/ kejutan-kejutan baru
bahkan faktor kegunaan diabaikankarya : (Alm) Affandi
sebebas apapun dalam berkarya, nilai estetika harus dipertimbangkan

( B ) Seni Rupa Terapan (Applied Art)
Seni Rupa Terapan, yakni karya rupa yang dibuat selain harus mempunyai nilai estetis, karya tersebut memiliki nilai kegunaan dalam kehidupan sehari-hari (seni pakai). Karya seni rupa terapan dikategorikan atas desain dan kerajinan.

(B).1 Desain
Dalam kesenirupaan desain dapat berarti karya sekaligus rancangan karya rupa berikutnya. desain bisa berupa sketsa. Karya desain dibutuhkan ketelitian dan perhitungan yang sistematis agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah "perancangan proses".
Karya desain dalam seni rupa bisa berupa : desain arsitektur, desain interior-eksterior, desain produk, desain pakaian, desain produk, desain grafis, desain interface sebuah web, desain iklan visual, dan karya rancangan visual lainnya.

(B)2 Kerajinan
Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan(tangan) atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai.
Arti yang lain ialah usaha yang berterusan penuh semangat ketekunan, kecekalan, kegigihan, dedikasi dan berdaya maju dalam melakukan sesuatu perkara
Dan perlu kita cermati juga bahwa keunikan karya kerajinan bernilai lebih dibandingkan fungsinya.
Secara singkat kerajinan merupakan karya rupa terapan yang sebagian besar berupa benda hias dimana dalam proses pembuatannya dibutuhkan ketrampilan tangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar