Halaman

Warna

WARNA
Warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Pada prinsipnya diketahuai ada tiga warna dasar atau yang disebut warna primer. Warna-warna dasar tersebut adalah merah, kuning, dan biru. Dari peracampuran warna primer akan menghasilkan warna-warna sekunder dan banyak lagi warna lainnya.
dari gambar di atas disampaikan bahwa warna jingga/orange didapat dengan cara mencampurkan warna merah dan kuning, warna hijau di dapat dengan mencampur warna kuning dan biru, dan warna ungu/violet didapat dengan mencampur warna biru dan merah. Warna yang dihasilkan langsung dari campuran dua warna primer disebut warna sekunder.


Hitam-Putih
Bagaimana dengan warna hitam dan putih?
Sebenarnya dalam teori warna, baik hitam dan putih bukanlah warna, Warna hitam dan putih yang tampak merupakan pengaruh dari intensitas cahaya. Untuk bagian yang berwarna gelap maka akan tampak warna hitam, begitu sebaliknya putih untuk bagian yang mendapat cahaya lebih banyak.
Warna hitam dan putih dalam fungsinya sebagai penentu gelap dan terang, maka untuk warna yang mendapat sentuhan warna hitam dan putih dalam istilah lain disebut warna monokromatik.Gambar di bawah adalah pencitraan gradasi warna hitam-putih



Prinsip warna lainnya:
  • R G B


Coba kita amati logo-logo yang terdapat pada stasiun televisi. Nah di situ tentunya ada aksen warna merah,hijau,dan biru. Warna-warna tersebut dipakai dalam kode gelombang warna dalam tampilan web, termasuk monitor yang kita gunakan menggunakan standar warna RGB.




  • C M Y K
Untuk warna CMYK biasa dipakai untuk metode pencetakan ke media. Dalam warna CMYk, untuk warna CMY terlihat lebih muda dari warna dasar dan nantinya akan terkomposisi sesuai rencana dengan bantuan warna hitam (k)


link lain:
triplet RGB
Daftar kode warna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar